//
Anda sedang membaca ...
Info

Mengenal Tipe Followers

Berawal dari kicauan berbuah menjadi teman. Kita seringkali menemukan fenomena ketemu sahabat, jodoh sampai pekerjaan melalui dunia maya. Twitter telah menyediakan ruang menjadikan pertemanan maya itu menjadi nyata. Meski hanya 140 karakter, media sosial ini bisa berarti sesuatu. Bagaimana kita memanfaatkan twitter?

Dunia twitter menyajikan berbagai karakter. Seseorang bisa saja mengaku perempuan padahal laki-laki dan sebaliknya. Ada juga orang yang “bersembunyi” di balik akun anomin. Disinilah perlunya memahami berbagai jenis level follower.

Andrian Darton, penulis buku Social Media for Lawyer mengatakan kita bisa memilah follower berdasarkan levelnya. Pemilahan ini bisa menjadi pertimbangan kita dalam menyikapi follower.

Level 1 The Bots
Ini adalah akun twitter otomatis. Mereka follow semua orang dan tak pernah berinteraksi dengan akun lain. Akun ini juga seringkali menyebar spam ke followernya. Akun bot ini tidak berguna, kecuali hanya nambak follower.

Level 2 The Sleepers
Akun ini tak pernah berkicau sehingga dinamakan “tukang tidur”. Akun ini hanya diam, paling posting 10 kicauan. Namun ia tetap follow kita, meski mereka sepertinya tak punya waktu lagi di twitter.

Level 3 Word Searchers
Akun ini follow kita berdasarkan biografi dan kesamaan minat. Misalnya, kita berkicau soal papan selancar dalam beberapa serial. Lalu, ada perusahaan papan selancar menjadi follower kita. Follower tipe ini lebih berharga ketimbang dua tipe sebelumnya karena mereka tertarik dengan minta kita.

Level 4 Readers
Memiliki follower seperti ini termasuk yang menyenangkan. Ia suka membaca kicauan dan blog kita. Tak jarang, mereka meretweet kicauan. Semakin banyak tipe follower seperti ini dapat mengantarkan kita menjadi seleb twitter.

Level 5 Engagers
Follower ini tak hanya membaca atau meretweet kicauan. Ia juga mulai menjalin interaksi dengan komentarnya. Orang yang tertarik dengan tema hukum, mungkin akan saling berinteraksi mengenai tema itu. Sebaiknya kita bisa menjaga interaksi tersebut sehingga dapat terjalin hubungan yang baik. Dalam percakapan itu, bisa saja ada yang setuju dan tidak. Biarkan saja karena pro dan kontra merupakan hal dinamis, sekaligus menggiring minat tweeps lain alias jadi buzz. Memiliki follower pada level Engagers ini menyenangkan dan sangat berharga.

Level 6 Contacts
Level ini terjadi ketika kita sudah berinteraksi dengan follower atau sebaliknya dan mengajak kopi darat. Pada level ini, hubungan pertemanan di twitter meningkat menjadi Contacts yang sebenarnya. Kita bisa ngopi, makan siang, saling berbagi nomor telepon dan PIN. Pebisnis biasanya tak memahami Twitter, padahal media sosial ini memiliki potensi menggaet klien. Kita bisa menggaet level Engagers menjadi level Contacts sehingga terjalin hubungan bisnis.

Level 7 Friend
Hubungan pertemanan yang paling tinggi levelnya adalah dalam dunia nyata. Hubungan di dunia maya bisa berubah menjadi teman, partner dan klien. Tweeps bisa menjadikan twitter sebagai media meningkatkan hubungan maya menjadi nyata. Ini pun “Ketika singgah di suatu kota, saya mencoba bertemu orang yang saya kenal via Twitter,” kata Dayton

rupanya gitu yaa,,..??

sumber : http://forum.vivanews.com

Diskusi

4 thoughts on “Mengenal Tipe Followers

  1. wah info yg berguna sob …
    terimakasih sudah berbagi …🙂

    Posted by onesetia82 | 23 Februari 2012, 07:50
  2. Hehehe … kebanyakan di akun saya cuma the sleepers😀
    Tapi, ada juga yang kelewat aktif, suka tanya-tanya, malah risih sendiri😀

    Posted by elfarizi | 23 Februari 2012, 08:47

Silahkan beri komentar anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • 49,009 klik
Alexa Certified Traffic Ranking for https://modiszone.wordpress.com/
free counters

Link Sahabat

onesetia82 BLOG PENDIDIKAN Thinker Zone

Team

%d blogger menyukai ini: